STQ UNY: DENGAN ALQURAN MENJADI INSAN PRESTATIF BERKARAKTER PROFETIK

YOGYAKARTA- Dalam rangka menjaring dan menyeleksi potensi mahasiswa UNY dalam bidang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk dijadikan sebagai khalifah UNY dalam MTQ mahasiswa Nasional ke- 14 di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Unit Kegiatan Kerohanian Islam Jama’ah Al-Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta (UKKI JAM UNY) menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat UNY pada Sabtu, 28 Maret 2015.

Agenda yang berskala regional UNY ini mendapat respon yang cukup bagus, dengan pendaftar sekitar 207 peserta dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. “STQ ini dipersiapkan hanya 1 bulan dan alhamdulillahnya acara ini dapat berjalan dengan baik meskipun ada beberapa cabang lomba yang tidak memenuhi target.” papar Gafar Baba Prodi Pendidikan Seni Rupa 2011

Agenda yang melibatkan hampir seluruh pengurus UKKI JAM UNY dan beberapa delegasi dari SKI yang ada di UNY ini sukses diselenggarakan dimulai dengan Technical Meeting pada tanggal 25 Maret 2015, dilanjutkan dengan pembukaan dan rangkaian lomba pada 28 Maret 2015. Ada 11 cabang lomba yang diselenggarakan, antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Tartil Qur’an (M-TarQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an 1, 5, dan 10 juz (MHQ), Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ), Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqah Karya Tulis Al-Qur’an (MKTA), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqah Desain Aplikasi AlQur’an (MDAA), Musabaqah Qira’at Sab’ah (MQS), Debat Kandungan Al-Qur’an Bahasa Arab (DKA-Ar) dan Debat Kandungan Al-Qur’an Bahasa Inggris (DKA-BIng). Kali ini, peserta paling banyak mendaftar adalah pada cabang lomba MHQ.

Agenda pembukaan diselenggarakan di Masjid Al-Mujahidin UNY dan diawali dengan hiburan hadrah. Kemudian tilawah serta dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia STQ, ketua UKKI JAM 2015, dan dibuka oleh Wakil Rektor III UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. Perlombaan tersebar di dua spot di UNY, antara lain Masjid Al-Mujahidin UNY dan Gedung Kuliah 1 FBS lantai 2. Seluruh agenda lomba dan pengumuman pemenang lomba STQ berakhir sebelum adzan maghrib berkumandang. Banyak kejuaraan, dan info selengkapnya bisa diakses di website resmi UKKI di ukki.student.uny.ac.id.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UKKI yang telah berhasil menyelenggarakan STQ, memfasilitasi mahasiswa muslim UNY untuk menyalurkan bakat dan potensinya. Sebagai peserta, saya benar-benar mendapatkan pengalaman berharga sekaligus motivasi lebih untuk belajar dan mencintai Alqur’an. Selamat untuk para juara, semangat mengikuti pembinaan dan semoga bisa membawa nama baik UNY dalam MTQ Mahasiswa Nasional 2015.”papar Ratna Candra
Agenda ini tak hanya membekas untuk peserta saja, namun panitia pun merasa sangat bersyukur dengan diadakannya agenda ini. “acaranya luar biasa dan semoga tahun depan lebih baik lagi” ujar Gangsar Pitoyo, Ketua UKKI Jama’ah Al-Mujahidin UNY 2015. (Huda)