MTQ Nasional UNY Emas 2014: Istimewa, Berkah, dan Ukhuwah

YOGYAKARTA- Dalam rangka dies natalis UNY yang ke-50, panitia dies bekerjasama dengan Unit Kegiatan Kerohanian Islam Jama’ah Al-Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta (UKKI JAM UNY) serta Kafilah MTQ menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional kemarin, Jumat-Sabtu , 9-11 Mei 2014.

Agenda yang berskala nasional ini mendapat respon yang cukup bagus, dengan pendaftar lebih dari 250 peserta dari Universitas Negeri Yogyakarta maupun dari Universitas lainnya di Indonesia. Tercatat, ada Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMY), Universitas Pendidikan Bandung (UPI), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Islam Indonesia (UII), Stikes Surya Global Yogyakarta, Poltekkes Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Agenda yang melibatkan hampir seluruh pengurus UKKI JAM UNY dan Kafilah MTQ yang berangkat pada kancah Nasional tahun 2013 ini sukses diselenggarakan dimulai dengan Technical Meeting pada tanggal 9 Mei 2014, dilanjutkan dengan pembukaan dan rangkaian lomba keesokan harinya dan ditutup dengan serangkaian agenda penutupan pada hari ketiga. Ada 8 cabang lomba yang diselenggarakan, antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Tartil Qur’an (M-TarQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an 1, 2, dan 5 juz (MHQ), Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ), Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqah Karya Tulis Al-Qur’an (MKTA), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), dan Debat Kandungan Al-Qur’an Bahasa Inggris (DKA-BIng). Kali ini, peserta paling banyak mendaftar adalah pada cabang lomba MHQ.

Agenda pembukaan diselenggarakan di Masjid Al-Mujahidin UNY dan diawali dengan hiburan hadrah oleh tim El-Maqosid UNY. Peserta dibuat bergetar dengan pembacaan tilawah oleh seorang Hafidz Cilik, Adik Muhammad. Setelahnya, sambutan Bapak Syukri Fathuddin. “Selamat Berjuang, Para Peserta MTQ Nasional.” Setelah menyelesaikan sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Pembina UKKI JAM UNY 2014 ini mengajak peserta MTQ untuk berfoto bersama sebelum perlombaan dimulai.

Perlombaan tersebar diberbagai spot di UNY, antara lain Masjid Al-Mujahidin UNY, FMIPA, FE, dan LPPM UNY. Tampak panitia bersemangat meskipun harus berlari-lari untuk menunaikan amanahnya. Seluruh agenda lomba berakhir sebelum adzan maghrib berkumandang. Keesokannya, agenda penutupan dimulai. Diawali dengan tilawah oleh pemenang Lomba Tilawatil Qur’an Putra, dan puisi oleh Aditya Eko Prasetyo, salah satu panitia MTQ .

Istimewanya lagi, ada taujih Rabbani dari Ustadz Sholihudin Alhafizh, MA sebelum pengumuman lomba. Taujih yang diberikan menambah semangat peserta dan panitia untuk semakin mencintai Al-Qur’an kapanpun dan dimanapun, tak hanya sekedar untuk perlombaan. Ustadz juga memberikan apresiasi luar biasa kepada UNY dan Panitia Dies yang mengadakan agenda MTQ, “Semoga UNY makin berkah ya…”. Diakhir, Ustadz memimpin do’a untuk Milad UNY yang ke-50 ini. Setelah taujih, agenda yang ditunggu tiba: pengumuman pemenang lomba MTQ. Banyak kejuaraan, dan info selengkapnya bisa diakses di website resmi UKKI di ukki.student.uny.ac.id.

Agenda besar ini tak hanya membekas untuk peserta saja, namun terlebih dari itu, panitia yang berasal dari Lembaga Dakwah Kampus ini merasa sangat bersyukur dengan diadakannya agenda ini. “Banyak pihak yang membantu dan selalu memotivasi, Pak Syukri, Pak Satino, dan panitia MTQ Nasional yang luar biasa.” ujar Taat Setyabudi, Ketua UKKI Jama’ah Al-Mujahidin UNY 2014. “Jazaakumullah panita yang sudah bekerja keras dan hampir tidak bisa tidur nyenyak sepekan ini” tambah Syukri Fathuddin, Pembina UKKI 2014. “Luar Biasa…” tambah Satino, Staff Ahli Kemahasiswaan UNY.

Ya, agenda ini memberikan kenangan yang manis bagi peserta dan panitia. Perlombaan iya, ukhuwah (persaudaraan) pun juga. “Dahsyat! Menguras tenaga, pikiran, serta jiwa. Namun Alhamdulillah semua selalu berakhir dengan indah, karena Lillah.” Ujar Titik Sulasmi, Koordinator Akhwat UKKI JAM UNY 2014. “Lelah, letih selama satu minggu MTQ. Tapi keren, penuh pelajaran, penuh kesan, penuh kenangan. UKKI selalu di hati, tetap di hati, tetap solid.” Tambah Nur Muhammad, Koordinator PDD (Publikasi-Dekorasi-Dokumentasi) sekaligus Kepala Bidang Media UKKI JAM UNY 2014. “ Bagiku, MTQ kemarin ‘gila’ bener. Rasa lelah, letih, lesu, semuanya tergerus oleh semangat berdakwah. “ kata Gangsar Pitoyo, senada dengan Titik dan Nur. “Saya benar-benar bisa merasakan pertolongan Allah. Saya tak mampu menuangkan kisah indah ini, seindah yang saya rasakan. Bertahanlah squad UKKI dan UNY, masih banyak agenda lain yang menanti. Semangat, tak sabar menanti agenda berikutnya!” tambah ikhwan (laki-laki.red) yang merangkap sebagai koordinator perkap MTQ sekaligus kepala bidang kaderisasi UKKI Jama’ah Al Mujahidin UNY 2014 ini.
Baarakallah peserta, Baarakallah panitia, Baarakallah UNY! Semoga dengan milad (ulangtahun.red) yang ke-50 ini, UNY makin berkah dan berjaya! (Red: Uki)

Print Friendly, PDF & Email

ukki

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

4 + 6 =


− 5 = 1