Ikhlas, Seperti Daun Gugur

Ikhlas

Pernahkah dirimu melihat daun yang gugur dari pohonnya? Meliuk, terbang menari-nari bersama angin hingga akhirnya jatuh ke atas tanah. Daun itu, tidak pernah bisa memilih ke titik mana dia akan jatuh. Dia begitu menikmati kemanapun angin membawanya. Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Sebuah judul novel oleh Tere Liye. Namun disini penulis tidak ingin membahas tentang novel tersebut. Hanya terinspirasi olehnya.

Setiap manusia tentu memiliki mimpi. Mimpi  adalah ruang yang mendahului kenyataan. Mungkin diantara kita pernah  mendengar kalimat ini, “Mimpi sebenarnya adalah ruang yang selalu mendahului kenyataan dan tidak ada satu kenyataan yang terbentuk dalam diri seseorang di luar mimpi-mimpinya”. Namun terkadang, dalam kenyataannya, ada mimpi-mimpi yang tidak dapat kita raih dengan tangan kita.
Disaat mimpi terbentur dengan kenyataan, disanalah ikhlas sangat dibutuhkan. Seorang mukmin harus percaya dan yakin pada takdirNya. Bahwa takdir Allah adalah yang terbaik untuk hambaNya. Walau kacamata manusia menganggapnya itu tidak bagus. Bukankah Allah lebih mengetahui diri kita melebihi kita sendiri.
Jika ada apa-apa yang ada disekitar kita satu persatu diambil, sejatinya ikhlas itu menjadi keharusan dalam bersikap. Bukankah jika seseorang dititipi oleh seseorang yang lain sebuah barang, disaat penitip barang tersebut akan mengambil barangnya, orang tersebut harus mengembalikannya? Begitulah hidup ini. Semua yang ada di diri manusia adalah titipan. Harta, ayah, ibu, saudara, anak, suami, istri semua adalah milik Allah dan akan kembali kepadanya. Jadi, saat sesuatu yang ada dalam diri kita diambil olehNya satu persatu, kita pun harus ikhlas.
Seperti daun gugur yang tak pernah membenci angin. Jangan jadikan kambing hitam sesuatu yang membuat apa yang kita harapkan tidak terwujud. Apalagi jika menyalahkan Allah. Semua sudah tercatat di Luful Mahfudz.

-Akira Najmia-

Print Friendly, PDF & Email

ukki

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

8 + 6 =


12 − = 11